VISI DAN MISI DESA KARANGTANJUNG

  • Visi

Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan pembangunan serta mempertimbangkan budaya yang hidup dalam masyarakat, maka visi Pemerintah Desa Karangtanjung tahun 2015 –2021 yang hendak dicapai adalah :

Karangtanjung Hebat (Harmonis, Efektif, Bersih, Agamis dan Trampil) yaitu:

  1. Harmonis

Mengandung pengertian adanya keselarasan antara Kepala Desa, Perangkat, Lembaga dan Masyarakat dalam seluruh aspek penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

  1. Efektif

Mengandung pengertian di dalam pelaksanaan kinerja aparatur dan pembangunan haruslah disesuaikan dengan realitas yang ada serta memiliki indikator capaian yang terukur

  1. Bersih

Mengandung pengertian dalam menjalankan roda pemerintahan seluruh komponen di Desa Karangtanjung harus berpihak pada kebenaran, tidak berat sebelah, tidak pandang bulu dan tidak sewenang-wenang supaya terbebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

  1. Agamis

Mengandung pengertian bahwa kita harus punya keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar selalu menjadi landasan pengikat atau penyeimbang dalam kehidupan demi terlaksananya roda pemerintahan yang amanah.

  1. Terampil

Mengandung pengertian dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan senantiasa mengedepankan aspek-aspek kehidupan baik di bidang sosial, ekonomi dan sumber daya lainnya agar tercapai masyarakat yang sejahtera.

  • Misi

Untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan yang bertumpu pada potensi sumberdaya dan kemampuan yang dimiliki serta ditunjang dengan semangat kebersamaan, tanggung jawab yang optimal dan proposional dari seluruh pemangku kepentingan desa, maka misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan Pemerintahan Desa
    1. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan Desa yang aspiratif, transparan dan amanah
    2. Penataan perangkat dan kinerja serta mengoptimalkan tugas, wewenang dan fungsi perangkat desa
    3. Penataan administrasi serta melakukan transparansi keuangan Pemerintahan Desa
    4. Bekerja sama dengan BPD selaku mitra/rekan kerja Pemerintah Desa dan lembaga Desa yang lainnya.
    5. Memberikan pelayanan yang lebih dekat, mudah dan murah untuk mencapai kepuasan masyarakat.
    6. Mendengar dan memahami serta mewujudkan aspirasi masyarakat.
    7. Menyalurkan berbagai bantuan dari Pemerintah atau dari pihak lain untuk kesejahteraan masyarakat.
    8. Memberikan rasa aman terhadap seluruh warga masyarakat.
    9. Meninjau kembali kebijakan Pemerintahan Desa yang lalu, yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
    10. Meningkatkan pengelolaan aset dan PAD Desa.
    11. Menyempurnakan Peraturan Desa yang sudah ada dan membuat Peraturan Desa yang baru disesuaikan dengan kebutuhan untuk menjadi ketetapan Desa.
  2. Melaksanakan Pembangunan Desa.
    1. Melaksanakan pembangunan Infrastruktur secara menyeluruh dan merata atau dengan skala prioritas disesuaikan dengan kebutuhan melalui jaring aspirasi dengan mengedepankan musyawarah mufakat.
    2. Melaksanakan pembangunan Infrastruktur meliputi pembangunan jalan Desa, jalan gang, sarana air bersih, saluran air pertanian dan limbah rumah tangga, sarana keagamaan, pendidikan dan olahraga serta infrastruktur lainnya.
    3. Pelaksanaan pembangunan lebih mengutamakan potensi yang ada di lingkungan Desa mencakup bahan material dan tenaga kerja guna peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Pembinaan Masyarakat Desa.
    1. Membina ketentraman dan ketertiban demi memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat dengan memberdayakan petugas LINMAS dan berkoordinasi dengan BABINKANTIBMAS dan BABINSA.
    2. Membina rasa kebersamaan antar warga agar tercipta keselarasan masyarakat yang baik dan bersikap gotong royong.
    3. Membina dan meningkatkan perekonomian pemuda dan masyarakat supaya produktif, maju dan menghasilkan, dengan membentuk KUKM atau yang lainnya.
    4. Pembinaan kesehatan dan pengelolaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) oleh petugas khusus atau kader PKK dan Bidan Desa.
    5. Membina pemuda Karang Taruna, Remaja Masjid atau organisasi pemuda lainnya supaya lebih aktif dan kreatif.
    6. Pembinaan Sanggar Seni, pendidikan dan olahraga agar tumbuh bakat dan dapat berprestasi untuk membawa nama baik pribadi, daerah atau desa di tingkat daerah atau nasional.
  4. Pemberdayaan Masyarakat Desa.
    1. Memberdayakan potensi masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan Infrastruktur dan ekonomi Desa Karangtanjung.